Welcome to CORETAN BANDAR DINATA BLOG

Berbagi sedikit pengalaman, pengetahuan, berita, dokumentasi dan memori.................semoga bermanfaat..!!!

Salam Ranah Nata...

Selasa, 10 September 2013

"SMANSANA FC UNGGUL 2 : 1 ATAS PSDL LOBUNG, SIMPANG GAMBIR"

Pemain SMANSANA FC yang diturunkan Couch pada laga vs PSDL Simpang Gambir


 Euforia SMANSANA FC Players setelah Pertandingan Jum'at sore vs PSDL Simpang Gambir


Laporan reporter bdnews.com : Zh

(bdnews.com) Ranah Nata – Klub Sepak Bola SMA Negeri 1 Natal ( SMANSANA FC ) diluar prediksi mampu mengalahkan Klub Sepakbola catalan  PSDL, Simpang Gambir Kec. Lingga Bayu  dengan skor 2 : 1 pada lanjutan kompetisi SIKARA-KARA CUP III yang berlangsung Jum’at , 6 September 2013 dilapangan Sikara-kara I Kecamatan Natal Kab. Mandailing Natal.
Kompetisi yang diikuti 32 klub yang tersebar di berbagai desa dan daerah Kec. Natal, Kec. Lingga Bayu, Kec. Batahan. Kec. Batang Natal dan klub dari perwakilan perbatasan Sumatera Barat akan berlangsung selama sebulan penuh dengan sistem sekali gugur.
Jadwal kali ini, mempertemukan klub SMANSANA FC Natal vs PSDL Desa Lobung, Simpang Gambir. Pertandingan yang di pimpin wasit Yulnasmi dibantu asst.wasit BK dan Suaidi tersebut berlangsung seru dan menarik. Kedua tim saling menyerang dan mengerahkan kemampuan terbaik demi merebut tiket putaran selanjutnya dan menghindari kekalahan agar tidak gugur.
SMANSANA FC yang notabene nya adalah para pelajar SMA bermain cukup rapi dan kompak. Di bawah komando sang Kapten, Franda (11), permainan SMANSANA FC mampu mengimbangi kecepatan dan skill dari tim lawan ( PSDL)  yang sebagian pemain nya merupakan pemain senior yang sudah banyak pengalaman bertanding di setiap kompetisi resmi. 
Pada awal-awal  babak pertama, permainan cukup sengit. Tim PSDL yang mengandalkan play maker sarat pengalaman, Karim Zulki ( 11 ) yang sengaja didatangkan dari Kota Padangsidimpuan sungguh merepotkan barisan tengah dan memecah konsentrasi pertahanan SMANSANA FC. Berkali-kali umpan matang dari Karim Zulki memanjakan striker PSDL untuk berusaha memasukkan bola ke gawang SMANSANA FC. Namun ketangguhan dan kedisiplinan pemain back SMANSANA FC yang di kordinatori oleh Heldie Roesanda ( 5 )  dapat mementahkan upaya tim lawan dalam menembus gawang SMANSANA FC yang dijaga keeper utama nya Arlan Syah ( 1). Sebaliknya, serangan balik tim SMANSANA FC juga membuat pemain PSDL harus ekstra keras dalam menghambat laju striker mungil SMANSANA FC yang punya kecepatan dan skill mumpuni, Nukrizal Helmi ( 6 ). Kerja sama yang apik antara sang kapten SMANSANA FC , Franda dengan tandemnya di lini tengah, Asruddin ( 13 ) juga merepotkan barisan pertahanan PSDL. Pemain sayap SMANSANA FC, A’an ( 2 ) yang memiliki speed dan tekhnik tinggi  berkali-kali dari arah kanan menembus jantung pertahanan PSDL dan beberapa tendangan kerasnya ke arah gawang masih mampu di amankan penjaga gawang PSDL yang di kawal Ucok. Hingga pada menit ke 20 skor masih kaca mata alias 0 : 0 .
Di menit ke 25, Diawali pelanggaran oleh salah seorang pemain PSDL atas pemain SMANSANA FC, wasit memberikan free kick untuk SMANSANA FC. Dari jarak 45 m ke gawang PSDL, bersiap-siap spesialis tendangan bebas mematikan SMANSANA FC, Wira ( 7 ) dengan mantap melakukan tendangan keras dan terukur ke arah gawang. Sungguh tendangan yang manis, penjaga gawang PSDL meskipun mampu menepis bola dari atas namun bola tetap bersarang ke gawang PSDL. Gooooooolll……………..1 : 0 untuk keunggulan SMANSANA FC. Ribuan penonton yang memadati Lapangan bersorak ria terutama para supporter SMANSANA FC yang datang menyaksikan tim kesayangan mereka bertanding.
      Permainan bertambah seru. Tim PSDL Desa Lobung seakan tidak mau ketinggalan dan terus menggempur ke arah pertahanan SMANSANA FC. Adalah Bembeng ( 9 ), pemain pengganti dari kesebelasan PSDL masuk pada menit ke 29. Masuknya pemain yang pernah merumput di PSKPS Padang sidimpuan ini menambah kuatnya daya gedor PSDL atas SMANSANA. Pemain ini sungguh membuat frustasi pemain-pemain SMANSANA karena skill dan tekhnik yang tinggi mampu melewati 3 – 4 pemain lawan. Pengalaman nya bertanding terlihat ketika dengan tenang dan mengandalkan aksi yang brilian ditengah lapangan. Kerja sama nya dengan sang Kapten PSDL, Karim Zulki berkali-kali mampu merepotkan barisan bawah SMANSANA FC dan beberapa kali melesatkan tendangan keras ke arah gawang. Namun, kepiawaian sang penjaga gawang SMANSANA FC, Arlan syah ,dalam mengamankan bola membuat tim PSDL  masih belum mampu menciptakan gol balasan. Keasikan menyerang, pada menit ke 33 membuat petaka bagi daerah pertahanan PSDL. Serangan balik dan umpan panjang dari seorang pemain SMANSANA FC, wira, kejantung pertahanan lawan disambut oleh striker mungilnya, Nukrizal ( ogek ).  Dengan skill individunya, melewati seorang pemain bertahan PSDL dan mampu mengecoh kiper PSDL sebelum akhirnya memasukkan bola ke gawang yang telah kosong penjagaan. Goooooooooolllllllllll……………skor bertambah 2 : 0  untuk kesebelasan SMANSANA FC.
      Tertinggal 2 : 0 membuat permainan PSDL Simpang Gambir semakin berambisi untuk berupaya mengurangi ketertinggalan gol. Motivasi dan pengalaman bertanding pemain PSDL dan arahan sang Kapten, Karim Zulki memacu semangat dan kekompakan permainan mereka. Tekanan yang terus diberikan pemain PSDL ke SMANSANA FC akhirnya membuahkan hasil. Pada menit ke 36, kerjasama jitu antara Karim, bembeng dan strikel PSDL, si Kecil di daerah pertahanan SMANSANA FC membuat pemain bertahan SMANSANA kewalahan. Lepas dari perangkap offside, umpan silang yang diberikan Bembeng diteruskan oleh sang striker PSDL, si Kecil dan melepaskan tendangan keras ke arah gawang. Kiper SMANSANA FC, Arlan Syah tidak mampu menghambat kerasnya tendangan si kecil, dan goooooollll……skor 2 : 1. Menjelang akhir babak I, skor masih bertahan 2 : 1 untuk SMANSANA FC.
         Memasuki babak ke II, permainan berlangsung sengit dan alot. Masing-masing pemain saling serang dan berupaya menambah pundi-pundi gol mereka. Dengan satu gol PSDL ke gawang SMANSANA FC menambah tingkat kepercayaan diri mereka semakin kuat. Pemain PSDL tidak mau menyerah dan terus berupaya menyamakan kedudukan dan bahkan memenangi pertandingan ini. Tekanan demi tekanan yang di bangun tim PSDL  sejauh ini belum mampu menyamakan kedudukan. Meskipun beberapa kali tendangan terarah dan terukur dilepaskan penyerang-penyerang PSDL, namun kerja keras dan disiplinnya Dedi ( 5 )  ,  Ilham ( 8 ) , dan adi ( 2 ) di barisan pertahanan SMANSANA FC sedikit melemahkan serangan PSDL ke gawang SMANSANA FC.
          Pihak SMANSANA FC pun di babak kedua bukannya tidak punya peluang. Umpan crossing dari kiri lapangan oleh pemain lincah SMANSANA FC, Chandra ( 15) disambut oleh A’an yang masuk ke jantung pertahanan lawan. Di bayangi pemain bertahan PSDL, A’an terus menusuk daerah gawang dan melepaskan tendangan kerasnya, namun sayang tendangan nya masih melenceng ke arah kanan luar gawang PSDL.
Menit ke 30 dibabak ke II,  Sang Kapten SMANSANA FC, Franda  juga punya peluang emas. Kepiawaian rekannya Wira, memberikan umpan matang disambut Franda. Pemain dengan postur imbangan messi ini dengan skill individu dan ketenangannya mampu melewati 2 pemain bertahan PSDL dan tinggal hanya berhadapan dengan penjaga gawang PSDL, namun tendangan nya masih lemah dan tepat di pelukan sang penjaga gawang PSDL.
           Memasuki 10 menit terakhir babak ke II, gempuran dan tekanan kembali dibangun tim PSDL. Hal ini membuat sejumlah pemain SMANSANA FC turut membantu daerah pertahanan dan menerapkan sistem defensive atas instruksi sang entrenadore, Imran Nasutuon, S.Pd. Berkali-kali penjaga gawang SMANSANA FC berjibaku menyelamatkan gawangnya dari kemasukan bola. Dari jarak 25 meter, bembeng melepaskan tendangan keras melengkung, tp sayang masih mengenai mistar gawang dan selamatlah gawang SMANSANA FC.  Hingga peluit panjang babak II dibunyikan wasit, skor tetap bertahan untuk keunggulan tim SMANSANA FC 2 : 1. Dan SMANSANA FC berhak melaju ke babak 16 besar, sedangkan PSDL harus terhenti langkahnya di awal babak penyisihan.
             Kemenangan SMANSANA FC ini harus dibayar mahal. Striker mungil nya, Nukrizal harus ditandu
keluar lapangan karena mengalami cedera yang cukup serius pada lutut kiri. Tim medis yang menangani nya
merekomendasikan pada pemain ini untuk menjalani perawatan insentif dan harus istirahat hingga 4 minggu
ke depan. Artinya, hingga selesainya kompetisi, SMANSANA FC terpaksa kehilangan striker mereka.
         Diakhir pertandingan, reporter bdnews.com Ranah Nata mencoba mendatangi dan mewawancarai head coach SMANSANA FC, Imran Nasution S.Pd. dengan sumringah dan ekspresi senang atas kemenangan SMANSANA FC, tim asuhannya, meladeni tim bdnews.com.
Berikut petikan wawancara reporter bdnews.com dengan head couch SMANSANA FC.

bdnews   : " Selamat sore couch "
Coach     : " Sore bdnews.
bdnews   : " Bagaimana Tanggapan coach tentang laga SMANSANA FC vs PSDL Lobung yang baru                     saja usai?"
coach      : " Ini adalah laga super bigmatch menurut saya. Antara klub dengan nama besar                                       PSDL Simpang gambir versus Tim SMANSANA FC yang diisi oleh pemain-pemain                           muda yang penuh talenta.
                   Pertandingan yang cukup ketat dan menegangkan. PSDL sarat dengan pemain-pemain                          senior
                   kaya pengalaman dan mereka bermain cukup taktis dan rapi. Namun anak-anak pada sore                    hari ini telah menunjukkan bahwa mereka adalah sang pemenang.
bdnews    :" Kita tahu bahwa PSDL adalah tim besar dan hebat, apa strategi khusus couch sehingga
                   SMANSANA FC mampu menghadang gempuran lawan dan akhirnya memenangi laga                        ini?"
coach      :" Tidak ada strategi khusus dalam membendung serangan ataupun mengantisipasi                                     ketajaman
                   striker PSDL, hanya saja saya tetap tekankan kepada anak-anak agar mereka tetap fokus
                   selama 2 x 40 menit dan selalu disiplin dalam menjalankan fungsinya masing-masing,                           jangan pernah lengah, komunikasi yang intensif dilapangan dan bermain sportif. Selain                       itu, saya juga sampaikan bahwa siapapun lawan, bola itu bulat..apapun bisa terjadi                               dilapangan asalkan terus berjuang dan pantang menyerah"
bdnews   : " Apa  kunci sukses SMANSANA FC memenangkan laga ini?"
coach      : " Latihan keras anak-anak selama ini, disiplin dan semangat bertanding. Kami adalah tim                       komplit seluruh pemain kami adalah para pelajar yang taat instruksi. Juga Bimbingan                           dari Bapak Kepala sekolah, dukungan dari Ibu PKS Kesiswaan juga partisipasi dari                             semua dewan guru, yang lebih
                   membuat kami bangga, dukungan dari SMANSANIA LOVERS yang terus memberikan                       suntikan semangat bagi anak-anak selama bertanding menjadi kunci tersendiri dalam                           laga ini"
bdnews   : " Bagaimana evaluasi untuk pertandingan berikutnya?"
coach      : " Jujur kami akui, di beberapa lini masih harus kami benahi. Sebelum match berikutnya,                         kami akan adakan latihan ringan, kami harus memperkuat barisan pertahanan agar tidak                       mudah dipecundangi lawan, seraya meningkatkan ketajaman lini depan untuk menambah                     pundi gol dan meraih kemenangan.
bdnews   : " Target SMANSANA FC pada kompetisi kali ini?"
coach      : " Mimpi besar kenapa tidak. Kami menargetkan sebagai tim favorit sekaligus berambisi                         untuk menjadikan SMANSANA FC sebagai Champion dikompetisi ini. Sulit memang,                         tapi tentu tidak ada yang mustahil dalam sepak bola."
bdnews   : " Kalau boleh bocoran, dan katakanlah SMANSANA FC menembus partai final. kira-kira                     tim yang diharapkan jumpa??"
coach      : " Heheheh,,,tim apapun yang kami jumpai, tidak ada masalah bagi kami, namun sedikit                           berandai, kalau lah kami sampai di final, jumpa PORSEMAN tentulah akan membuat                           final semakin bergengsi dan spektakuler............."
bdnews   : " Amin....Terima kasih coach atas waktunya, dan sekali lagi Selamat atas kemenangan ini                       dan mudah-mudahan apa yang menjadi target coach juga SMANSANA FC tercapai.."
coach     : " Amin, makasih banyak atas do'a nya, semoga bdnews juga sukses selalu  "



STARTING ELEVEN OF SMANSANA FC
Formasi : 4 4 2

# Goalkeeper               : Arlan Syah
# Center back              : Heldie Roesanda
# Wing Back                : Dedi
# Wing Back                : Adi
# Defensive Midfielder  : Ilham
# Central Midfielder      : Franda
# Central Midfielder      : Wira
# Winger                       : A'an  
# Winger                       : Chandra
# Attacking Midfielder   : Asruddin
# Striker                        : Nukrizal Helmi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar